Friday 29 April 2016

Penebar Kontroversi


Halo sobat internet, apa kabar?

Semoga ente semua baik-baik aja ya.

Oke, sebelum mulai, izinkan ane memperkenalkan diri dulu yak. Nama ane Jeki. Biasa dipanggil Jeki. Kerjaan ane sehari-hari adalah jualan sampah. Bukan, ane bukan seorang pemulung. Rasa-rasanya pekerjaan mereka lebih mulia daripada ane. Terus kalo bukan pemulung, apa dong?

Sebentar, kita flashback sejenak ke tiga tahun yang lalu. Waktu itu kondisi keuangan ane lagi tiris-tirisnya. Istilahnya, mau makan aja sulit. Nah, suatu hari, tanpa sengaja ane ketemu sama seorang teman lama ane. Teman satu SMK, tepatnya. Sedikit soal teman ane, dulunya nih ya, teman ane ini termasuk orang yang sedikit berkekurangan. Bajunya aja itu-itu melulu. Tapi pas waktu itu ketemu, kok ya dandanannya keliatan lebih keren. 

Lalu mulailah ane ngobrol ngalor ngidul sama dia. Penasaran, ane tanya-tanya tuh soal kerjaan dia. Ternyata dia dapet duit banyak dari hasil mainan sosial media. Lah kok bisa? Waktu dia ngejelasin sih ane masih agak kurang ngerti. Terus ane bilang kalo ane bakal ke rumahnya nanti buat nanya-nanya lebih lanjut.

Singkat cerita, abis dijelasin sampe ngerti, ane mulai mengikuti jejak teman ane itu. Masih penasaran sama kerjaan ane? Nih biar ane kasih tau. Ane bekerja sebagai admin beberapa akun di sosial media. Mulai dari Facebook, Twitter, sampai Instagram. Dan kerjaan ane gampang. Cuma bikin dan nyebarin berita atau isu-isu yang lagi hangat. Kadang ane tambahin ‘bumbu’ biar lebih sedap. Kadang ‘bumbu’nya sedikit, kadang banyak. Malah kadang isinya kosong, alias berita yang ane karang-karang sendiri. Yap, inilah ‘jualan sampah’ yang ane maksud. Terdengar hina ya?




Nggak apa-apa. Tapi percaya atau nggak, ane bisa hidup berkecukupan dari jualan ‘sampah’ kayak gini. Lewat nyebarin berita kontroversial, akun-akun anonim ane jadi rame pengunjung. Dari situ ane mulai dapat tawaran buat masang iklan di akun ane. Yang artinya ane bakal dapet duit hasil ngiklan. Duit men! Hari gini siapa sih yang ngga mau duit? Apalagi hanya lewat aktivitas di sosial media.

Dan media penyebaran berita kesukaan ane adalah Facebook. Pasar ane terbuka sangat luas. Itu karena masih banyak banget ‘bahlulers’ di sini. Bahlulers adalah istilah dari temen ane buat menyebut pengguna sosial media yang teramat polos cenderung bodoh. 

Kalo ente berpikir bahlulers itu isinya bocah-bocah labil doang, maka ente salah besar. Banyak juga di antara mereka berasal dari kalangan ‘berpendidikan’. Mahasiswa, guru, dosen bahkan professor pun ada dalam lingkaran bahlulers ini. Pendidikan bukan segalanya, men! Lah buktinya, ada dosen yang menjadikan berita sampah ane sebagai acuan. Emang dasar bahlul!

Para bahlulers biasanya dengan sukarela bantu nyebarin berita-berita sampah ane. Ini jelas membuat kerjaan ane lebih mudah. Tinggal satu kali memposting berita, lalu mereka akan dengan senang hati membagikan pada teman-temannya. Ngga jarang, dari berita yang ane posting, eh mereka malah ribut sendiri. Saling adu argumen di kolom komentar akun ane. Lah ane sih senang-senang aja. Soalnya makin sering mereka komentar, postingan ane bakal muncul terus di ‘Home’ mereka.

Terus gimana? Apa ane nyesel udah bikin orang berantem? Ya kagak lah. Sebodo amat. Mau mereka berantem sampe mati juga biarin aja. Yang penting kan duit tetap ngalir deras ke rekening palsu ane. Eh, maaf, ane ralat. Berantemnya jangan sampe mati deh. Nanti yang nyebarin berita ane siapa dong? Bisa-bisa bisnis ane ikutan mati nanti. Padahal udah cukup lama ane berbisnis ginian.

Alasan ane bertahan melakukan pekerjaan ini adalah semata-mata karena potensinya masih bagus. Ngga akan sepi. Coba deh perhatiin, isu-isu sampah ini bakalan terus ada sampe dunia kiamat. Bahkan sering kejadian isu yang satu belum habis diomongin, eh nongol lagi isu baru yang lebih panas. Membuat ane kadang harus kerja ekstra keras meramu berita dan judul buat isu baru itu. Ya itu sih resiko pekerjaan.

Sedikit bocoran, menurut ane topik paling seksi sampai sekarang adalah isu politik dan agama.

Apalagi kalo lagi musim gelaran politik semacam pemilihan Presiden atau pemilihan kepala daerah. Wah, bakalan banyak banget tulisan ane bertebaran di sosial media berkat ulah para bahlulers. Mungkin salah satunya pernah muncul di timeline ente. 

Terus kalo ternyata ngga lagi musim politik? Oh, tenang. Masih ada isu agama. Ini juga salah satu andalan ane. Sebab banyak banget para bahlulers yang ngaku paling ahli soal agama. Tapi dengan kelakuan yang sangat tidak mencerminkan manusia beragama. Sering banget mereka adu pintar dengan bawa-bawa ayat kitab suci yang diartikan seenaknya sendiri. Membuat kolom komentar jadi kayak skrip ceramah keagamaan.

Padahal nih ya, ngga jarang sebenernya mereka itu seagama loh. Tapi saling berantem gara-gara berita sampah hasil karya ane. Hebat yak ane. Lalu apakah ane merasa bersalah? Ya kagak lah. Mau berantem gebuk-gebukan pake kitab suci pun silakan aja. Tapi inget, jangan sampe mati. Nanti yang nyebarin beritanya siapa dong? 

Isu politik dicampur agama? Kelar idup ente!

Para bahlulers ane akui emang sangat penting buat menunjang pekerjaan ane. Prinsipnya, semakin banyak bahlulers, semakin tinggi pula pendapatan ane. 

Oh iya, ngomongin pendapatan, ngga usah heran kalo ane bisa hidup layak. Soalnya pendapatan ane dari hasil nyampah jauh melampaui UMR ibukota. Malah kayaknya lebih gede daripada gaji orang kantoran. Beuh, mantap kan? 

Gimana? Mulai tertarik sama kerjaan ane? 

Gampang.

Yang ente perlukan cuma gadget, internet, sama waktu luang. Karena emang kerjaan ini menguras waktu. Selain itu, semua aman. Soal penulisan ngga usah khawatir. Tulisan ngasal aja tetap bisa menjaring puluhan ribu bahlulers. Intinya satu, harus kontroversial. Buat judul yang super heboh. Masalah bener apa kagak jangan dipikirin. Para bahlulers ngga akan peduli. 

Lalu buat melebarkan sayap, ane sendiri udah mulai kepikiran untuk bikin situs berita kayak temen ane. Isinya ya jelas aja berita ngasal. Tapi nama situsnya dibuat terlihat sangat religius. Makanya para bahlulers percaya aja semua berita dari sana. Padahal mah isinya ngga ada yang bener. Terus di sana, dia dapat lebih banyak pemasukan dari iklan resmi penyedia jasa situs itu. Hebat lah pokoknya teman ane satu ini. Panutan banget.

Gimana? Apakah ente makin tertarik jadi penebar kontroversi? Ngga usah takut. Semua bisa dihalalkan asal menyangkut soal perut. Lagipula dosanya ngga gede-gede amat kok. Ente kan nantinya cuma bikin tulisan. Perihal ada orang yang pada berantem, ya itu urusan mereka. Urusan ente cuma menikmati duitnya aja. Oke? 

Kalo emang ente tertarik buat konsultasi, ane sertakan kontak ane di bawah. Ane tunggu kabar baiknya ya. 

PS: jangan kasih tau tulisan ini ke para bahlulers. Bisa-bisa mereka nanti sadar dan ngga akan bantuin kerjaan ane lagi. Dan kalo kebetulan ada bahlulers yang baca, ane ucapin terima kasih sebesar-besarnya atas jasa ente selama ini. Pesan ane cuma satu, tetaplah bodoh. Karena kebodohan ente adalah sumber pendapatan ane.

Stay fool, stupid!

Salam,
Jeki Sureki
085697418481 (telepon aku ya~)

Tulisan Lain

No comments:

Post a Comment