Tuesday 19 April 2016

Obrolan Sampah : Berbeda


“Coy, lagi sibuk ngga?”

“Ngga juga, Sob. Kenapa?”

“Gue mau cerita, boleh?”

“Boleh. Waktu dan tempat dipersilakan.”

“Jadi gini…”

“Ya?”

“Anjir, gue bingung nih mulai darimana.”

“Lah apalagi gue. Yaudah, coba dari yang menurut lo paling ganjel aja.”

“Hmm gue coba ya. Jadi gini Coy, gue kan udah tua…”

“Iya sih, keliatan jelas dari kumis sama jenggot tolol lo itu.”

“Ah, tai. Gue belom selesai ngomong nih. Jangan dipotong dulu kenapa sih?!”

“Oke, sorry.. sorry.”

“Iya.. kan gue udah tua ya. Tapi gue ngerasa kok kayaknya hidup gue begini-gini aja. Ngga ada kemajuan, tapi juga ngga mundur-mundur amat. Stuck aja gitu di titik ini. Sementara temen-temen gue kok keliatan udah pada sukses semua.”

“...”

“Udah pada kerja dan punya penghasilan tetap. Malah udah ada yang nyicil rumah sama kendaraan. Lah gue? Umur udah banyak, tapi masih aja kuliah. Uang kuliahnya masih dibayarin pula.”

“...”

“Terus banyak juga temen gue yang udah nikah dan beranak pinak. Sedangkan gue di umur yang sangat matang ini masih aja betah sama status jomblo dari lahir.”

“...”

“Menurut lo gimana, Coy? Gue salah ngga sih ada di posisi begini?”

“...”

“Coy?”

“...”

“Yee si tai malah tidur. Coy! Aelah, bangun woy!”

“Gue bukannya tidur, Sob. Cuma lagi merenungi cerita lo barusan.” 

“Halah, alasan.”

“Serius, Sob. Dan setelah gue cerna baik-baik, gue bisa ambil kesimpulan dari cerita lo. 

“Apa?”

“Gue yakin semua itu sekadar perasaan insecure sesaat lo aja. Nanti juga hilang sendiri.”

“Yakin lo?”

“Iya. Lo terlalu banyak membandingkan diri lo sama temen-temen lo. Kebanyakan mikir yang buruk-buruk. Padahal mungkin mereka pun pernah ada di posisi lo sekarang. Lo ngga tau aja kan masalah apa yang mereka hadapi. Bisa jadi persoalan mereka jauh lebih berat daripada lo.”

“Iya, sih.”

“Nah, dari sekarang coba lo mulai kurangin tuh kebiasaan banding-bandingin diri sama orang lain. Karena tiap orang itu dikasih persoalan yang beda. Ngga mungkin lo ngikutin jalur hidup mereka. Setiap manusia diciptakan berbeda.”

“Yap. Begitupun gue. Lo tau sendiri kan kalo gue emang ‘beda’. Hehehe.”

“Ah, jangan mulai deh, Sob. Jangan bahas ke arah sana lagi. Udah cukup lo ngerasa rendah diri sama keadaan lo. Kalo pikiran tolol itu terus lo pelihara, lo ngga akan ke mana-mana.”

“Lah, kan lo sendiri yang mulai. Lo bilang semua orang berbeda. Nah, gue juga ngerasa gitu.”

“Tapi lo itu ngeselin. Lo bikin perbedaan lo itu jadi keterbatasan. Kenapa sih lo membatasi diri? Kenapa lo ngga mau sedikit aja berusaha biar bisa senormal mereka? Lagian keadaan lo ini bukan sesuatu yang mustahil buat diubah.”

“...”

“Masalah apa? Uang? Berhubung lo masih kuliah, ngga usah terlalu muluk lah pengen cepet-cepet dapet penghasilan tetap. Urusin aja kuliah lo yang bener. Usahain IPK di atas 3,5. Kerjaan mah masih bisa nunggu nanti, ngga usah buru-buru. Toh, lo masih bisa dapet duit dari hobi lo.” 

“...”

“Terus apa? Cewek? Calon istri?”

“...”

“...”

“Coy, kok diem? Gue lagi merhatiin lo nih, soalnya gue juga butuh saran masalah cewek.”

“Hehe, kalo soal cewek gue juga bermasalah, Sob. Maap yak.”

“Ah, brengsek lo. Gue udah serius mau dengerin.”

“Ya abis gimana, soal cewek kan nasib kita ngga jauh beda.” 

“Iye.”

“By the way, daripada galau ngga jelas, mending lo cek tuh laptop gue. Ada koleksi baru.”

“Wih, Jepang apa Barat?”

“Jepang. Uncensored pula.”

“Mantap!”

Tulisan Lain

No comments:

Post a Comment