Tuesday 14 July 2015

Rencana Proyek Besar


Keren ya judul postingan kali ini?



Proyek? Proyek apa? 
Intinya sih gue mau bikin proyek penulisan kronologis keadaan masalah kesehatan gue dari jaman dulu banget sampai sekarang dan bahkan mungkin untuk beberapa waktu ke depan. Sampai pada akhirnya gue bisa sembuh total nanti. (Ada aamiin?)

Sebenernya sih udah lama gue mau bahas masalah ini. Seperti yang (sebagian dari) kalian tau, gue ada masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Bahkan niat awal gue buat blog ini adalah sebagai catatan progress dalam menghadapi penyakit-penyakit ini. Penyakit-penyakit? Kesannya banyak banget ya, tapi itulah kenyataannya. Penyakit 'utama'-nya sih cuma satu, tapi ternyata merambat ke mana-mana. Diperparah juga sama efek samping obat yang gue konsumsi. Secara garis besar sih gue bagi jadi dua:


Rheumatoid arthritis

Pengertiannya bisa kalian cari sendiri di sini. Jangan manja lah. Atau alternatifnya kalian bisa pantau postingan gue nanti di dalam label Rheumatoid Arthritis. Gue kena penyakit ini udah lumayan lama. Dinyatakan secara resmi oleh dokter sekitaran tahun 2008 beberapa bulan setelah gue UN SMP. Tapi gejala-gejala penyakitnya udah gue rasakan jauh sebelum itu. Banyak cerita dan kejadian yang gue alami selama mencari pencerahan atas penyakit ini. Doakan saja gue sempat buat update di blog. Walau mungkin ga sedetail kejadian yang sebenarnya. Ingatan gue terbatas.

Tuberkulosis

Yang kedua ada Tuberkulosis. Udah pada tau kan? Ya, penyakit yang identik sama paru-paru, meski ada juga yang menyerang kelenjar getah bening sama tulang belakang. Tapi yang terjadi di gue adalah TB yang menyerang paru. Info lengkap bisa dicari di sini. Atau bisa juga kalian pantau label Tuberkulosis. Gue kena penyakit ini sekitaran akhir tahun 2011, pas lagi senang-senangnya karena baru aja resmi jadi mahasiswa kampus Kuning. Sebabnya, penyakit ini bisa kena di gue karena efek samping obat dari rheumatoid arthritis tadi. 

Ketika penyakit ini berduet sama rheumatoid arthritis, badan gue jadi abis. Total berat badan gue turun sekitar 15 kilogram. Dan gue ga bisa beraktivitas dengan normal. Gue harus bedrest selama hampir setahun. Dari awal tahun 2012 sampai menjelang Desember 2012. Ga akan mungkin gue lupa, soalnya gue sudah menetapkan tahun 2012 sebagai tahun paling tidak produktif seumur hidup gue.

Untuk masalah tulisan, mohon sedikit bersabar, karena hingga detik ini bahan tulisan gue masih berantakan. Seperti yang gue bilang tadi, ingatan gue terbatas. Gue masih harus menyusun potongan-potongan memori itu menjadi satu kesatuan utuh. Yang mengesalkan, kadang ada ingatan yang tiba-tiba muncul saat satu bagian menurut gue sudah fix banget. Dan berarti gue harus menyisipkan bagian itu karena ga mungkin gue buang begitu saja. Keadaan proyek ini sampai akhir Juli 2015 baru sampai 20% dan sedang terus berlanjut. Semoga bisa selesai secepatnya. Tapi jangan khawatir, selagi gue menulis proyek ini, kalian tetap bisa baca tulisan gue di blog dengan topik yang lain.

Mungkin segini dulu yang bisa gue bagi. Mudah-mudahan proyek ini bisa jalan terus ke depannya. Harapan gue sih ga terlalu jauh lah. Cuma mau sharing aja tentang masalah kesehatan. Barangkali ada diantara kalian atau orang sekitar kalian yang memiliki problem sama kayak gue, jadi kita bisa saling support. Jujur aja gue juga bukan Nabi, adakalanya gue marah sama keadaan. Dan gue harap dengan menuliskannya di sini, bisa jadi terapi buat gue pribadi. Jadi gue lebih bisa tenang menghadapinya. Dan semoga aja proyek ini bisa berkembang melebihi ekspektasi gue seiring perjalanan waktu. Salam Gaul.

Wassalam.
Tulisan Lain

No comments:

Post a Comment